Selasa, 05 Agustus 2014

Banyaknya pondok pesantren (ponpes) dan warga Brebes yang menjadi Santri diberbagai ponpes mengilhami KH Rosyidi Malawi membangun Perpustakaan Kitab Kuning.
Kiai Kharismatis Jatibarang Brebes ini memulainya dengan membangun perpustakaan pribadi. Di rasa sudah memiliki kitab yang banyak maka dia memprakarsai pembangunan perpustakaan Kitab Kuning di area Masjid Jami Al Ittihad Jatibarang Brebes.
“Sudah ada 2000 judul kitab kuning yang dimiliki Kiai Rosyidi dan disumbangkan ke perpustakaan,” tutur Pembina Yayasan Al Ittihaad Jatibarang Brebes H Rais Kodim, saat peresmian Gedung Serba Guna dan Perpustakaan Lintang Masjid Al Ittihaad Jatibarang Brebes, Jumat Sore (18/7/14).
Awalnya, perpustakaan sudah dirintis Kiai Rosyidi sejak tahun 1997 sebagai perpustakaan pribadi di masjid Baitussaadah dimana beliau Rosyidi menjadi pengasuh majelis taklim di masjid tersebut.
Pembangunan gedung serba guna dan perpustakaan, lanjutnya, dibangun diatas tanah seluas 300 meter persegi wakaf dari Surip bin H Maksudi. Gedung dua lantai itu, lantai bawah digunakan untuk pertemuan umum sedangkan lantai atas digunakan untuk perpustakaan, ruang radio komunitas, dan ruang kesenian islam.
Direncanakan, anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunan gedung tersebut sebesar Rp 2,09 Milyar, namun baru menelan dana sebesar Rp 1,4 Milyar. “Kami belum bisa mendapatkan dana sebesar itu untuk pembelian almari, kursi, sound system dan perabotan lainnya,” kata H Rais.
Pembangunan gedung dan perpustakan ditopang sepenuhnya dari dana umat Islam keliling memakai kaleng setiap hari Jumat di Pasar Jatibarang dan Warga Jatibarang. “Kami merasa bersyukur, karena dari sebuah kaleng berubah menjadi kaleng besar berupa Gedung Serbaguna dan Perpustakaan,” ungkapnya.
Dia berharap, pemerintah Kabupaten Brebes bisa memberi dukungan dana untuk penyelesaian lebih lanjut. Sehingga gedung benar-benar menjadi representatif. “Kami sangat berbahagia bila Pemkab bisa memberi dukungan anggaran Rp 500 juta,” harapnya.
Peresmian ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE dan KH Rosyidi Malawi.
Bupati dalam sambutannya sangat berterima kasih atas jerih payah yang dilakukan oleh masyarakat Jatibarang dan sekitarnya. Sehingga mampu membangun gedung dan perpustakaan yang sangat megah. Mudah-mudahan bisa membawa manfaat besar bagi warga Brebes khususnya.
“Soal bantuan dari pemkab Brebes untuk kelanjutan pembangunan perpustakaan Kitab Kuning, akan saya rundingkan dengan pihak Dewan,” jajni Idza .
Peresmian penggunaan gedung serba guna dan perpustakaan Al Ittihaad dilanjutkan dengan buka puasa bersama dan sholat maghrib berjamaah. Tampak hadir Para Kepala Bagian dilingkungan setda Brebes,pengurus yayasan Al Ittihaad, alim ulama setempat, dan juga warga keturunan Thionghoa Jatibarang. (ILMIE)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar